Jumat, 25 Januari 2013

Artikel


MARAKNYA PEMBANGUNAN SUPERMARKET

Dizaman modern ini masyarakat lebih memilih berbelanja di Supermarket dibandingkan pasar tradisional. Masyarakat lebih memilih berbelanja di Supernarket dibandingkan dengan pasar tradisional, karena fasilitas supermarket yang lebih baik dibandingkan dengan pasar tradisional. Hal yang lebih mempengaruhi lagi adalah berbelanja di supermarket lebih praktis dibandingkan berbelanja di pasar tradisional. Banyak orang yang enggan berbelanja dipasar tradisional karena fasilitas pasar tradisional yang kurang memadai.
Supermarket memiliki fasilitas yang baik, seperti ruangan yang bersih, ber-AC dan barang-barang yang tersusun rapi yang memudahkan  konsumennya untuk mencari barang yang mereka inginkan. Sedangkan pasar tradisional memiliki fasilitas yang kurang baik dan memadai seperti, tempat yang kotor, panas, banyaknya sampah, dan kurang tertatanya pasar yang terkadang membuat konsumen susah mencari barang yang mereka inginkan. Karena hal itu lah yang menyebabkan masyarakat lebih senang berbelanja di supermarket dibandingkan di pasar tradisional. Dan  juga ada supermarket yang buka 24 jam yang membuat semakin praktis dalam berbelanja.
Dan dizaman yang semakin modern ini, semakin maraknya pembangunan supermarket. Supermarket dijadikan investasi bagi para pengusaha besar karena keuntunganyang dapat diambil oleh supermarket lumayan besar dan menjanjikan keuntungan yang besar di suatu hari kelak. Tapi karena semakin maraknya pembangunan supermarket menyebabkan banyak pedagang kecil gulung tikar karena kalah modal oleh para pengusaha besar. Ini menyebabkan semakin banyaknya lagi pengganguran di Indonesia.
Terkadang juga pembangunan supermarket ini tidak melihat dampaknya ke alam kita. Mereka membangun supermarket dengan cara menebang hutan-hutan kita. Karena ditebangnya hutan menyebabkan tidak ada dearah resapan air, para binatang kehilangan tempat tinggal, menyebankan banjir dan tanah longsor. Seharusnya para pengusaha supermarket itu melakukan reboisasi lagi agar alam kita tidak semakin rusak.


Dampak Positive :

1. berbelanja lebih praktis
2. berbelanja lebih nyaman
3. semakin mudahnya mencari barang, karena barang yang tersusun rapi
4. membuat mudah berbelanja darurat saat malam karena ada supermarket 24 jam

Dampak Negative :

1. kerusakan alam
2. banyak pedagangan yang gulung tikar sehingga banyak pengganguran
3. jarangnya masyarakat yang berbelanja di pasar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar